www.cariwisatamu.com merupakan blog wisata yang mengexplore wisata Indonesia, dengan sajian informasi seperti wisata alam, budaya, sejarah, Pendidikan, kuliner, dan penelusuran wisata lainnya

Minggu, 22 Mei 2016

OBJEK WISATA CUKANG TANEUH ( GREEN CANYON) PANGANDARAN

OBJEK WISATA CUKANG TANEUH ( GREEN CANYON) PANGANDARAN

GREEN CANYON
GREEN CANYON


Wisata Pangandaran Jawa Barat | Kalau merasa terlampau jauh berkunjung ke Grand Canyon yang ada di Amerika sana, sekarang ini sobat semua tak butuh lagi. Indonesia nyatanya sudah mempunyai Green Canyon sendiri yang tidak kalah cantiknya. Sebenarnya tempat ini miliki nama asli ialah Cukang Taneuh. Nama Green Canyon sendiri telah dipopulerkan oleh satu orang penduduk Perancis terhadap th 1993. Sedangkan Cukang Taneuh miliki arti sebagai jembatan tanah. hal tersebut lantaran di atas lembah & jurang Green Canyon terdapat jembatan dari tanah yang diperlukan oleh para petani disana untuk menuju kebun mereka. 

Objek Wisata Cukang Taneuh (Green Canyon) Pangandaran ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, jabar. Dari Pantai Pangandaran sendiri berjarak sekitar 30 kilo meter. Di dekat objek wisata ini terdapat objek wisata Batukaras dan juga ada Arena Lapang Terbang Nusawiru. Lihat peta dibawah ini :




Objek Wisata Cukang Taneuh (Green Canyon) Pangandaran yang fantastis ini sebenarnya adalah aliran dari sungai Cijulang yg melintas serta menembus gua yg penuh dgn keindahan daya tarik stalaktif & stalakmitnya. diluar itu daerah ini diapit oleh dua bukit, dgn sejumlah bebatuan & rerimbunan pepohonan. Semuanya itu mencetak seperti satu buah lukisan alam yang sedemikian unik & sedemikian menantang utk dijelajahi. 

Buat mencapai tempat ini wisatawan mesti berangkar dari dermaga Ciseureuh. Selanjutnya menambahkan perjalanan bersama memakai perahu tempel atau kayuh yg tidak sedikit disediakan di sana. Jarak antara dermaga dgn ruang Green Canyon seputar 3km, yg mampu ditempuh dalam tempo 30-45 menit. Sepanjang perjalanan kita dapat melintasi sungai bersama air berwarna hijau tosca. Bisa Saja dari sinilah nama Green Canyon berasal.

Demikian tampak jeram dgn alur yg sempit yg susah dilewati oleh perahu berarti telah hingga di mulut Green Canyon, dimana airnya amat sangat jernih berwarna kebiru-biruan. Di sinilah awal adventure menjelajah keindahan objek wisata ini dimulai. Dari sini wisatawan sanggup meneruskan perjalanan ke atas bersama berenang atau merayap di pinggir batu. Disediakan ban & pelampung bagi yg pilih buat berenang. Biarpun mesti menempuh trick seperti ini, perjalanan dipastikan sepenuhnya aman. Bahkan utk anak-anak 6 thn ke atas pass aman buat menyusuri ajaran sungai bersama memanfaatkan ban & dipandu oleh pemilik perahu yg disewa. 

Perjalanan Objek Wisata Cukang Taneuh ( Green Canyon) Pangandaran berada dalam cekungan dinding terjal di kanan kiri ajaran sungai. Dinding-dinding utk menyajikan keindahan tersendiri, yg paling unik berbentuk menyerupai satu buah gua yg atapnya telah runtuh. diluar itu di sektor atas sekian banyak kali visitor bakal melintasi stalaktit-stalaktit yg tetap dialiri tetesan air tanah. Sesudah ratusan meter berenang, dapat tampak sekian banyak air terjun mungil di bidang kiri kanan yg demikian jelita. Apabila diteruskan berenang sehingga visitor bakal hingga terhadap ujung jalan, di mana terdapat gua yg ditempati oleh tidak sedikit kelelawar. 

Alur arus sungai ini lumayan panjang, maka visitor akan berenang sepuas-puasnya sambil mengikuti arus dari air terjun. Terkecuali pemandangan indah di atas permukaan air, Green Canyon dapat jadi surga tersendiri bagi yg gemar menyelam. Tinggal mengambil sekian banyak fasilitas selam, pemandangan gemilang cekungan-cekungan di dalam air siap utk ditelusuri & dinikmati, kumplit bersama beragamnya ikan-ikan yg berenang ke sana kemari didasar lubuk. Bagi yg gemar menantang adrenalin, bisa meloncat dari suatu batu agung dgn ketinggian 5m ke dasar lubuk yg dalam. 

Bagi Kamu yg memang mau menikmati keindahan objek Wisata Alam Cukang Taneuh ( Green Canyon) Pangandaran mesti paham bersama musim-musimnya. Dikarenakan diwaktu paling baik buat dapat menikmati keindahaan objek wisata ini yakni sekian banyak dikala sesudah masuk periode kemarau. Dikarenakan kalau terhadap periode hujan, dikhawatirkan deras sungai & warna airnya serta bakal jadi coklat. 

Buat akses berperahu, disana sedia armada perahu yang pass tidak sedikit. Ada kurang lebih 100 satuan perahu yg akan mengantarkan Kamu buat menelusuri objek wisata ini. Terhadap tiap-tiap perahu dapat di lengkapi satu orang juru & pekerjaan batu buat memandu Kamu dalam perjalanan. 

Perjalanan menuju Green Canyon : 


Dari JAKARTA & BANDUNG, 

Kamu sanggup mengikuti Jalur Arah ke jateng bersama lewat Kota Tasik-Ciamis Kota-Kota Banjar- Pangandaran. 

Dari JAWA TIMUR & jateng, 

Buat jatim kamu mampu menuju Arah jateng apalagi dulu, dulu dilanjutkan utk membawa rute ke jabar dgn mengikuti jurusan Arah (Purworejo-Kebumen-Wangon-Banjar- Pangandaran-Ciamis). 

Bagi Kamu yg memakai kendaraan umum, pastinya tak usah repot memikirkan jurusan. Sebab sopir bakal mengambil Kamu Segera ke Pangandaran (Green Canyon). Namun yg butuh diperhatikan adalah lokasi Kamu Menginap disana, kamu mampu pilih penginapan yg terdapat di hotel-hotel yg sedia tidak sedikit di Pangandaran atau mampu pula menginap di objek wisata Batukaras yg amat berdekatan bersama Green Canyon. (buat data kabar hotel kamu mampu tonton terhadap daftar hotel yg tesedia di website ini). 

Selamat Menikmati Liburan Panjang dgn Keluarga Kamu, Datang & Nikmati Potensi Objek Wisata Alam Cukang Taneuh ( Green Canyon) Pangandaran yg lainnya, yg tak kalah menariknya dengan Green Canyon. 

Ticket masuk Green Canyon adalah sbb :

  • Ticket Perahu Rp.125.000,- kapasitas 1 perahu isikan maks 6 orang, balita terhitung 1 orang 
  • buka tiap-tiap hri jam 08.00-17.00 WIB hri jum`at buka mulai sejak jam 13.00 WIB
Silahkan baca juga tentang OBJEK WISATA CURUG BOJONG PANGANDARAN

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat ....!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : OBJEK WISATA CUKANG TANEUH ( GREEN CANYON) PANGANDARAN

0 komentar:

Posting Komentar