TEMPAT WISATA DI BANDUNG YANG PALING FAVORIT

TEMPAT WISATA DI BANDUNG YANG PALING FAVORIT 


TEMPAT WISATA DI BANDUNG
TEMPAT WISATA DI BANDUNG

Wisata Bandung Jawa Barat │ Banyak jutaan turis yang selalu berkunjung ke tempat-tempat ini, pasti sobat sudah penasaran, apa saja tempat wisata di Bandung yang disukai wisatawan?. Bandung sudah populer dengan udaranya yang sejuk. Posisinya terletak diantara tiga pegunungan, dan rata-rata kota berada didataran tinggi,  Mungkin Saja ini penyebab kenapa Bandung kerap dinamakan dengan Paris Van Java, tidak terkecuali dengan kekayaan seni serta budayanya.

Jika sobat sudah menyaksikan beraneka daya tarik dari tempat wisata di Bali, kini saatnya sobat harus menjelajahi Tempat Wisata di Bandung dan sekitarnya untuk mengetahui tempat wisata favorit yang bisa menjadi referensi berlibur sobat. Simaklah Tempat Wisata dibawah ini :

1. Ranca Upas, Ciwidey 

Tahukah sobat bukan hanya Kawah Putih saja yang sudah terkenal di Ciwidey, tepatnya di kawasan Ranca Upas serta terdapat Balai Konservasi Penangkaran Rusa serta Bumi Perkemahan. Tidak hanya sekadar menyaksikan keunikan seekor rusa, di balai konservasi ini sobat bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa tersebut sambil berikan makan sayuran atau wortel yang sudah sobat beli seharga Rp. 5.000.- an saja.


Untuk sobat ketahui bahwa disini terdapat tempat untuk melakukan kegiatan outdoor (komplit dengan Rumah Pohonnya), dan beraneka ragam kegiatan air yang sobat bisa nikmati khususnya oleh anak-anak sementara sobat bisa memanjakan diri di pemandian air panas. Jika sobat memutuskan untuk bermalam, disini terdapat toko-toko yang menyediakan perlengkapan berkemah untuk disewa dengan harga yang sangat terjangkau.

Lokasi Ranca Upas, Ciwidey, Alamatnya di Jl. Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Tiket Masuk, Tarif Rp10.000,-/orang (hri biasa), Rp15.000,-/orang (akhir minggu), kalau menginap serta berkemah di sini, ada penambahan Rp. 10.000,-/orang. Seandainya mengambil kendaraan, buat kendaraan roda dua dikenai parkir Rp2.000,- sedangkan untuk kendaraan roda empat se besar Rp. 5.000,- saja.

2. Menginap di Hotel Unik 

Jika maksud sobat berlibur ke Bandung dan menginap di penginapan atau hotel yang memberikan ketenangan dan kenyamanan. Seperti tidur di ranjang bersama seprai satin, di dalam pondok beratapkan jerami dan ditemani suara-suara alam nan merdu juga gema air terjun dari kejauhan. Sehingga sobat mesti menginap di The Sapu Lidi Resort.

Jika sobat ingin menikmati suasana alam serta ingin melewatkan tengah malam dengan berkemah di tengah hutan, sehingga sobat bisa mencoba glamping alias kemping mewah! Sekarang sobat dapat menyatu dengan alam liar dengan tidak mesti mengorbankan kenyamanan. Bukan hanya julukan saja Bandung sebagai Paris Van Java. Jikalau sobat mencari citarasa masakan Eropa di Jawa Barat, sobat bisa menemukannya di GH Universal Hotel. Arsitektur serta design bergaya Renaissance ini demikian kentalnya sampai-sampai bisa saja lupa seakan sedang berada di Bandung.

Di Saung Gawir, sobat dapat menginap di rumah-rumah joglo dan bisa memetik buah stroberi yang sudah tumbuh di pekarangan di depannya! Atau pun sobat bisa bersantai, berenang di Infinity Pool yang terdapat di Dulang Resort dengan ditemani sajian segelas cocktail sambil menikmati pemandangan hamparan sawah serta gemerlap lampu kota di kejauhan. Itu hanyalah beberapa tempat saja dari beraneka ragam akomodasi unik yang ada di kota Bandung. 

3. The Lodge Earthbound Aventure Park

The Lodge Earthbound  Aventure Park, sobat bisa menemukan beraneka ragam kegiatan menyenangkan buat anak-anak segala umur. Sobat bahkan bisa meneangkan diri ataupun bermeditasi ditengah hutan pinus sambil merasakan kesesejukan hembusan angin pegunungan, ataupun seru-seruan main paintball. Pokoknya sangat menyenangkan buat sobat berlibur dengan keluarga di sini.

Lokasi The Lodge Earthbound Aventure Park, Alamat di KM 4,5 Maribaya, Cibodas, Lembang. Telepon: (022) 87802756 / 2536110. Tiket Masuk : Gratis. Jam Operasional: 10.00 – 17.00 WIB.

4. Paris Van Java (Kebun Binatang Mini di Atap Sebuah Mall)

Sesudah puas berbelanja di mall Paris Van Java, luangkanlah satu atau dua jam menyaksikan area rooftop mall tersebut. Ada dua kebun binatang mini di areal rooftop Paris Van Java, yaitu Lactasari Mini Farm & Bird Park. Keduanya area tepat buat mengajarkan anak-anak supaya lebih menyayangi binatang.

Disambut kicauan  bermacam burung tropis yang beraneka warna! ketika memasuki taman burung, Sobat bakal mendapat semangkuk belalang yang merupakan makanan bagi burung-burung yang ada di dalamnya. Di Bird Park ini sobat bisa menyaksikan burung-burung langka Indonesia, dengan bermacam-macam kategori Nuri dari Nusa Tenggara & Burung Enggang dari Kalimantan.

Di tempat lain area rooftop ini terdapat Lactasari Mini Farm, satu buah peternakan mini yang telah menjadi hunian bagi lima kategori hewan : kambing, domba, sapi, kelinci, & anjing Siberian Huskies. Waktu memasuki peternakan mini ini sobat diberikan celemek, sayur-sayuran & sebotol susu buat diberikan  pada hewan-hewan di dalamnya. Peternakan mini ini demikian bersih dan terawat baik,

Lokasi Paris Van Java Alamatnya di Jl. Sukajadi no. 131-139, Bandung, Jawa Barat 40162, Indonesia. Telepon: (022) 2060800. Tiket Masuk sekitar Rp. 29.000,- Lactasari Mini Farm Rp. 60.000,-. Jam Operasional pada pukul 10.00-22.00 WIB.


5. Wisata di Dago Pakar 

Berjalan-jalan dengan menyaksikan pemandangan hijau yang tentunya sangat menyegarkan, ataupun sobat bisa mengeksplorasi 2500 spesies fauna yang ada didalamnya, dan masih banyak lagi. Dago Pakar terdiri dari dua areal berdampingan yang dibelah oleh Jl. Maribaya, serta keduanya menawari pemandangan tidak sama tetapi sama-sama mengesankan. 

a) Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda 

Taman Hutan Raya atau yang biasa disingkat dengan ‘TaHuRa’ ini jaraknya sekitar 30 menit dari pusat kota. Membentang di lahan seluas 590 hektar, dibuatnya Taman Hutan Raya ini sebagai hutan lindung serta kawasan konservasi bagi aneka tumbuhan dan bunga. Nama awalnya diambil dari Menteri ke-10 Indonesia, yaitu Ir. H. Djuanda, di taman ini terdapat museum yang memamerkan beberapa barang peninggalan sang tokoh nasional serta bermacam-macam dari artefak yang telah ditemukan dikawasan ini. 

Salah satu area terkenal di Taman Hutan Raya ini adalah ‘Tebing Keraton’, suatu tebing yang disertai pemandangan hutan pinus yang indah. Di taman ini terdapat juga dua air terjun yaitu air terjun Curug Lalay serta Curug Omas. 

Lokasi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Alamat di Jl. Ir. H. Juanda, Lembang, jawa Barat 40391. Tiket Masuk: Rp11.000,-. Jam Operasional: 08.00 – 18.00 WIB.

b) Taman Wisata Maribaya 

Populer dengan nama air terjun Curug Maribaya, Taman Wisata Maribaya berlokasi di area utara Taman Hutan Raya. Tidak Hanya bisa diakses mudah lewat Lembang, taman ini pun dapat di raih lewat jalan setapak dari Taman Hutan Raya.

Perjalanan menuju Curug Maribaya sendiri menawari pengalaman yang akan mengesankan pengunjungnya; berlangsung melewati jalur hutan sambil menghirup segarnya udara pegunungan. salah satu cara yang sangat menyenangkan untuk meremajakan badan serta pikiran kita. 

Demikian juga dengan air terjun, pengunjung akan merasakan betapa dingin dan segarnya percikan-percikan air yang mengguyur kesekujur tubuh disertai suasana hutan nan alami. Buat mengistirahatkan kaki yang sudah letih setelah menempuh perjalanan, Taman Wisata Maribaya mempunyai kolam mata air panas, yang sudah diyakini berkhasiat buat menyembuhkan bermacam penyakit kulit.

Lokasi Taman Wisata Maribaya Alamat di Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Tiket Masuk: Rp 8.000,-. Jam Operasional: 08.00 – 16.00 WIB.

6. Kafe serta Restoran yang Unik 

Berencana menggandeng buah hati untuk makan tengah malam diluar dengan merayakan momen special?. Bandung merupakan salah satu surganya kuliner. Bila ingin mencari sedikit bisnis, sehingga sobat dapat menemukan bermacam-macam rumah makan yang akan menciptakan pengalaman cita rasa makanan yang tidak terlupakan.

Coba ke Nanny’s Pavillon dengan keluarga dan menikmati hidangan yang akan menggugah selera seperti peach pancake with vanilla ice cream atau blueberry pancake cheese roll. Biarkan mereka bersantap di rumah makan yang unik, dari kamar tidur hingga kamar mandi (komplit). 

Pilihan lainnya, pernahkah sobat ingin menyantap lobster segar diatas kapal? Atau sobat maksud ke Bandung hanya untuk berwisata kuliner ke seluruh kafe-kafe bagus tersebut? 

Satu lagi rumah makan yang tidak boleh dilewatkan yakni Kampung Daun. Tidak Hanya hidangan tradisional khas Sunda yang sudah menjadi andalan, di sini sobat dapat menikmati suasana makan di dalam gazebo yang terbuat dari bambu dengan dikelilingi oleh pepohonan dan nada air terjun.

7. Floating Market, Lembang

Jika sobat pernah berkunjung ke negri Thailand, salah satu destinasi favoritnya tentu terkenal dengan pasar terapungnya. Menikmati beraneka ragam pilihan makanan tradisional Indonesia yang telah disajikan diatas perahu-perahu sambil menonton panorama danau yang sangat indah. Tapi seandainya sobat lebih suka masakan yang lainnya, di kawasan ini juga terdapat restoran Rockpool yang menyajikan pizza dan pasta.

Tidak hanya wisata kulinernya, disini sobat bisa jalankan aktivitas yang lain seperti mengemudi ATV, bersepeda air mengitari danau, mendayung sampan, berikan makan angsa atau mengahdiri taman kaktus & taman batu.

Lokasi Floating Market, Lembang Alamat di Jl. Grand Hotel No. 33 E Lembang, Bandung, Indonesia. Tiket Masuk: Rp15.000,-. Jam Operasional: Hari biasa 09.00-17.00 WIB, Akhir pekan 09.00-20.00 (Pasar Terapung hanya beroperasi di akhir pekan, namun di hari biasa pengunjung tetap dapat menikmati aktivitas lain di danau).

8. Goa Pawon & Stone Garden, Padalarang 

Sesudah 20 menit mendaki Gunung Pasigit, Sobat bakal tiba di mulut Goa Pawon, suatu situs bersejarah tempat ditemukannya beraneka ragam peninggalan kehidupan prasejarah (sekarang dipamerkan di Museum Geologi Bandung). Kalau sobat meneruskan perjalanan lagi ke arah puncak gunung, sehingga akan menemukan Stone Garden (Taman Batu), sebuah cagar geowisata bertabur batu karang seperti yang biasa terdapat di pesisir pantai.

Para ilmuwan meyakini bahwa jutaan tahun yang lalu kawasan antara Padalarang dan Nagreg merupakan sebuah danau purbakala, yang artinya Kota Bandung dulunya terletak sedalam beberapa ratus meter di bawah permukaan air. Menurut teori, dengan sekian banyak gempa vulkanik gede menyebabkan air danau raksasa tersebut surut maka terciptalah satu buah lembah.

Di sini sobat dapat menyaksikan beberapa kenyataan ilmiah berupa cangkang-cangkang kerang dari jaman purbakala yang telah menempel di batu karang. Obyek wisata ini termasuk juga wisata baru serta masih sedikit dikunjungi wisatawan, pastikan sobat mengambil sendiri air minum sebab susah buat menemukan warung di sekitarnya.

Lokasi Goa Pawon dan Stone Garden, Padalarang Alamatnya di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Tiket Masuknya hanya Rp 5.000,- per orang.

7. Lawang Wangi Café dan Art Space 

Terletak di dataran tinggi menuju arah Lembang, kafe ini menawari panorama yang membuat sobat akan terpesona. Pepohonan yang menampakan keasrian di siang hari dan juga kelap-kelip lampu kota pada malam hari akan sobat saksikan dari dek yang telah disediakan husus untuk para visitor untuk menikmati pemandangan malam.

Menjelang waktu senja, Lawang Wangi akan lebih banyak visitor, maka barangkali sobat mesti menunggu untuk mendapatkan sebuah meja untuk bersantap. Sembari menunggu, sobat bisa melihat-lihat tempat galeri seni yang memajang karya-karya seniman kontemporer lokal. Apabila sobat sekadar mau ngemil dan tidak mau makan, tidak usah khawatir, lantaran kafe ini sudah menyediakan aneka kudapan serta makanan ringan. Mencoba Lawang Wangi Platter yang menghadirkan bermacam-macam sajian menu pujaan yang tersedia di kafe dalam satu hidangan.

Lokasi Lawang Wangi Café & Art Space Berada di Jl. Dago Giri no. 99, Bandung, 40391, Indonesia. Tiket Masuk : Gratis. Jam Operasional pada pukul 07.00 - 23.00 WIB.

Bersambung ke artikel TEMPAT WISATA DI BANDUNG YANG PALING FAVORIT Lainnya. 

Terima Kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat!

Artikel Cari Wisatamu Lainnya :

0 komentar:

Scroll to top