www.cariwisatamu.com merupakan blog wisata yang mengexplore wisata Indonesia, dengan sajian informasi seperti wisata alam, budaya, sejarah, Pendidikan, kuliner, dan penelusuran wisata lainnya

Jumat, 16 September 2016

Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat

Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat

Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat

Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat │ Objek wisata Kawah Putih Bandung terletak di daerah Bandung selatan. Dikelilingi oleh kebun teh Walini yang indah dan terawat, disertai dengan suasana yang tenang dan segar amat memikat siapapun yang berlibur ke daerah ini. Kawah putih sendiri merupakan kawah bekas letusan gunung patuha di sekitar abad 10.

Kawah putih Ciwidey atau kawah putih di Bandung tentu sudah tidak asing lagi. Hal itu dikarenakan tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata ketika sedang mengunjungi Bandung. Bisa dikatakan jika Bandung merupakan salah satu kota besar yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata seperti kota Jakarta dan juga Yogyakarta. Selama ini Bandung menyimpan banyak sekali potensi tempat wisata misalnya mulai dari wisata sejarah, budaya, wisata alam dan juga wisata buatan lainnya. Selain Trans Studio Bandung yang sangat fenomenal, Bandung memiliki wisata alam yang keren dan legendaris yaitu Kawah Putih Ciwidey. Berwisata di tempat ini akan memberikan pengalaman liburan yang mengesankan dan tidak terlupakan. Bagi anda yang ingin berkunjung kesini alangkah baiknya anda mengetahui berbagai macam informasi tentang Kawah Putih ini.

Pada mulanya, area kawah putih dikenal sebagai area angker oleh masyarakat setempat. Namun seorang ahli berkebangsaan belanda, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pada tahun 1837 menyelidiki tempat ini dan menemukan adanya kawah berwarna putih dan indah. Sejak saat itulah area kawah putih mulai dikenal. Dimuali tahun 1087, area ini dikelola oleh pemerintah menjadi Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung.


1. Sejarah  Kawah Putih Ciwidey

Letusan hebat oleh Gunung Patuha pada abad ke 10 membuat banyak orang beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker karena setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati. Karena kepercayaan tersebut, tidak ada orang yang berani mendekati kawasan ini sampai akhirnya pada tahun 1837 ada seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang memutuskan untuk pergi ke puncak Gunung Patuha demi ilmu pengetahuan.

Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak Gunung Patuha dan dari sana ia melihat ada sebuah danau berwarna putih dengan bau belerang yang menyegat. Sejak itu, keberadaan Kawah Putih menjadi terkenal dan pada tahun 1987 pemerintah mulai mengembangkan Kawah Putih sebagai tempat wisata.

2. Jam buka Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung buka setiap hari pukul 7 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Oleh sebab itu wisatawan yang ingin berkunjung ke Kawah Putih harus sesuai dengan jamnya. Selain itu jangan datang ke kawasan ini saat hujan, sebab saat hujan berbagai macam kondisi bisa terjadi sehingga dataglah saat cuaca sedang cerah dan bersahabat. 

3. Harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey

Harga tiket masuk Kawah Putih pada hari biasa dan hari libur serta akhir pekan sama yaitu Rp. 15.000 / orang, untuk tarif kendaraan adalah :

Parkir atas kendaraan Anda sampai dengan lokasi kawah (mobil)  Rp.150.000,- Parkir atas (motor) Rp. 35.000,- Ontang-anting Rp. 13.000,- Parkir bawah memarkir kendaraan Anda di gerbang masuk kemudian Anda dapat naik ontang-anting untuk menuju kawah. (mobil) Rp. 6.000,- (motor) Rp. 5.000,- Parkir bawah (bus) Rp. 25.000,-

Ontang-anting berasal dari bahasa Sunda yang berarti ‘mondar mandir’ dan merupakan sebutan bagi kendaraan khas Kawah Putih Ciwidey. Kendaraan ini berupa mini bus yang telah dimodifikasi menjadi terbuka dan dilengkapi dengan pengaman. Kapasitas maksimal untuk 1 ontang-anting adalah 12 orang, namun jangan kuatir tidak kebagian tempat karena ada banyak ontang anting beroperasi di kawasan ini.

4. Tips Berwisata Kawah Putih Ciwidey

Agar perjalanan wisata agar lebih nyaman, Perhatikanlah tips-tips berikut :
  • Suhu udara yang dingin bukan berarti Anda aman dari sengatan matahari, gunakan sunblock sebelum beraktifitas di Kawah Putih
  • Bila Anda tidak kuat dengan bau belerang, bawahlah masker
  • Bila tidak mempunyai masker, Anda dapat membelinya di lokasi
  • Jangan terlalu lama berada di kawah karena dapat membuat pernafasan Anda terganggu, 
  • Bila rombongan Anda terdiri dari sedikit orang, sebaiknya memarkir kendaraan di gerbang dan kemudian lanjut menggunakan ontang-anting karena lebih murah, 


5. Akses Menuju Lokasi

Untuk sampai di kawah putih pengunjung bisa menggunakan route perjalanan sebagai berikut: Pengunjung dari luar Bandung yang menggunnakan kendaraan roda empat dapat melewati jalur pintu Keluar Tol Kopo, melewati sayati dan dilanjutkan ke Soreang, dari soreang dilanjukan ke Ciwidey dan sampailah di lokasi kawah putih. Route alternatif bisa menggunakan jalur tol Buah Batu.

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum, akses ke kawah putih ditempuh dengan menggunakan jalur terminal Leuwi Panjang - dilanjutkan ke terminal Ciwidey - lokasi Kawah Putih

Rute Kawah Putih Ciwidey, Lokasi kawah putih ini ada di Jalan Raya Soreang Ciwidey. Lokasi wisata ini sekitar 25 km dari pusat kota Bandung, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi wisata ini bisa ditempuh dengan sangat mudah. Untuk menuju kesini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dan juga mengguakan kendaraan umum. 

Kawah putih terletak di daerah Bandung selatan, setelah Ciwidey. Terletak kira-kira 50 KM dari pusat kota Bandung. Cara menuju kawah putih cukup mudah, dan banyak terdapat rambu menuju ke sini. Jika dari Jakarta, anda cukup masuk ke tol cipularang dan keluar di gerbang tol Kopo. Dari sana belok kanan menuju ke arah soreang – ciwidey – ciwidey selatan.

Jika menggunakan kendaraan umum, anda dapat menggunakan angkutan dari terminal leuwi panjang – terminal ciwidey, lalu disambung dengan angkot terminal ciwidey – situ patenggang, dan berhenti tepat di gerbang masuk kawah putih.

6. Wisata Kuliner Kawah Putih Ciwidey Bandung

Tidak akan lengkap jika Berlibur ke suatu tempat tidak diikuti dengan wisata kuliner yang khas. Kuliner merupakan hal wajib yang musti dilakukan, Begitupula saat berlibur di daerah Ciwidey ini, Berikut ini adalah kuliner khas Ciwidey Bandung yang patut untuk dicba :

Peuyeum

Peuyeum BandungSaat anda belibur ke Bandung atau di daerah Ciwidey, Bandung merupakan kota yang terkenal dengan peuyeumnya sehingga wisatawan tidak bisa dikatakan berlibur ke Bandung jika belum merasakan peuyeumnya. 

Bebek Unti

Bebek unti Makanan khas lainnya yang patut dicoba di dekat Kawah Putih adalah bebek unti. Lokasi rumah makan ini dekat sekali dengan lokasi kawah putih. Sama halnya dengan nama rumah makan tersebut, rumah makan satu ini menawarkan menu bebek goreng yang garing dan lembut. Tidak hanya itu saja, pengunjung yang ada disini bisa memesan gurame bakar yang lezat dan legit. Rumah makan ini merupakan rumah makan yang cocok dijadikan sebagai tempat makan keuarga terutama untuk anak-anak. Selain tempatnya yang luas, rumah makan ini memiliki pemandangan yang luar biasa.

Ubi Madu Cilembu

Makanan khas yang lain dan tidak boleh terlewatkan adalah ubi madu cilembu. yang harus diketahui adalah bahwa ubi madu tersebut asalnya dari daerah Cilembu Bandung. Daerah Ciwidey pun juga banyak yang menjual ubi madu ini. Dikatakan sebagai ubi madu dikarenakan rasanya yang sangat legit seperti rasa madu.

Bandrek Abah

Kota Bandung terkenal dengan cuacanya yang dingin. Karena hawanya yang sejuk tersebut ada beberapa minuman khas yang bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh ketika berada disana, salah satunya adalah Bandrek Abah. Ketika berkunjung di Ciwidey jangan lupa untuk menyempatkan diri mencicipi minuman khas yang satu ini. Bandrek adalah minuman tradisional dari tanah Sunda. Rasanya yang hangat dan sedikit pedas membuat tenggorokan dan tubuh menjadi hangat. Salah satu Bandrek yang terkenal adalah Bandrek Abah. Bandrek ini sudah berdiir sejak tahun 1982 yang dibuat oleh almarhum kakek yang dulunya akrab dengan sebutan Abah. Komposisi bahan untuk membuat Bandrek semuanya alami yaitu gula aren, lada, jahe dan ditambahkan dengan rempah rempah lainnya.

Itulah berbagai macam informaasi tentang Kawah Putih Ciwidey Bandung semoga bermanfaat.

Terima Kasih




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat

0 komentar:

Posting Komentar