www.cariwisatamu.com merupakan blog wisata yang mengexplore wisata Indonesia, dengan sajian informasi seperti wisata alam, budaya, sejarah, Pendidikan, kuliner, dan penelusuran wisata lainnya

Minggu, 11 September 2016

Tebing Alam Batu Tumpang Cikajang Garut Spot Yang Menantang

Tebing Alam Batu Tumpang Cikajang Garut Spot Yang Menantang




Wisata Garut Jawa Barat │ Bagi Anda yang hobby panjat tebing, disini ada satu spot yang harus anda taklukan di Garut. Tebing alam Batu Tumpang berada di wilayah Kecamatan Cikajang. Batu Tumpang berarti ‘batu numpang’ dalam Bahasa Sunda, atau batu yang menempel di atas tanah. Itulah salah satu daya tarik objek wisata Batu Tumpang di wilayah Cikajang Kabupaten Garut. Batu Tumpang merupakan tebing alam yang terletak di perkebunan teh Giriawas Cikajang Garut. Lokasinya di pinggir jalan menuju Pantai Santolo Pameungpeuk Garut. Jarak Batu Tumpang dari pusat kota Cikajang yaitu sekitar 6 KM dan 35 KM dari ibu kota Garut. Dapat ditempuh dari kota Garut kurang lebih sekitar 1 jam.

Batu Tumbang akan ditemui saat menuju tempat wisata pantai Santolo di Pameungpeuk Garut Selatan. Tebing alam Batu Tumpang berada di wilayah perkebunan, udaranya sejuk dan bebas polusi. Pada akir-akhir ini Batu Tumpang Cikajang semakin ramai dikunjungi, apalagi pada akhir pekan, banyak wisatawan dari dalam maupun luar kota yang sengaja datang ke tebing alam di Garut tersebut. Banyak yang kagum dengan keindahan batu tumpang serta keindahan alam disekitarnya. Kita bisa menikmati keindahan pemandangan yang sangat hijau dan asri, serta kabut yang menyelimuti bila sore tiba. Suasana sekitar batu tumpang mirip dengan suasana yang berada di Puncak, Bogor.

Batu Tumpang Cikajang Garut memiliki karakteristik yang dominanai kawasan Perkebunan Teh dan perbukitan yang ditanami sayuran, yaitu dikelilingi perkebunan teh dan kebun sayuran, puncak bukitnya tidak lebih dari 100 meter. Batu Tumpang di Cikajang memiliki ketinggian sekitar 20 meter, selain dijadikan tempat panjat tebing (rock climbing) oleh pemanjat profesional juga digunakan sebagai tempat berlatih oleh beberapa komunitas pendaki gunung dan pecinta alam di Kabupaten Garut. 

Di bawah batu tumpang juga berjejer beberapa warung-warung kecil dan rumah makan dengan khas sunda. Jadi saat kita berada dilokasi batu tumpang kehabisan perbekalan atau sekadar ingin menikmati makanan khas sunda yang ada di area wisata batu tumpang, tak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Karena tempat yang kita butuhkan ada di area tersebut. Batu Tumpang hingga kini masih belum diklelola secara serius, baik oleh pemerintah terkait, swasta maupun perorangan. Apabila dikelola dengan baik, objek wisata alam ini memiliki potensi yang cukup besar untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Selamat menikmati panorama alam Batu tumpang Cikajang - Garut.

Itulah sedikit ulasan tentang Tebing Alam Batu Tumpang Cikajang Garut Spot Yang Menantang, semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel selanjutnya Wisata Pantai Tebing Tinggi Puncak Guha Garut.

Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tebing Alam Batu Tumpang Cikajang Garut Spot Yang Menantang

0 komentar:

Poskan Komentar