Objek Wisata Mistis Leuweung Sancang Garut

Objek Wisata Mistis Leuweung Sancang Garut


Leuweung Sancang Garut
Leuweung Sancang Garut
Wisata Garut Jawa BaratObjek Wisata Leuweung Sancang atau bisa disebut juga Hutan Sancang Pameungpeuk Garut, termasuk juga kawasan konservasi selatan Kabupaten Garut (berbatasan bersama Kabupaten. Tasik), tepatnya di Kec. Cibalong. Kawasan Objek Wisata ini ditetapkan juga sebagai Cagar Alam dgn luas areal 2.157 Ha, & berada di ketinggian 0-3m di atas permukaan laut & terdiri dari tebing-tebing curam berada di sebahagian pesisir pantai. Leuweung Sancang ini ialah salah satu cagar alam di Indonesia bertaraf Internasional & belum tersentuh pariwisata dengan cara yang khusus. 

Leuweung Sancang ialah hutan yg dilegendakan yang merupakan ruang tilem (lokasi hilangnya) Prabu Siliwangi. Di hutan ini terdapat pohon Kaboa(serupa pohon bakau/mangrove) yg mana menurut kepercayaan setempat adalah penjelmaan dari para prajurit Padjadjaran yg setia pada Prabu Siliwangi. Oleh lantaran itu hutan ini dipercayai juga sebagai hutan keramat yg mempunyai daya magis bagi sebahagian warga lokal di sini. 

Buat mencapai hutan Sancang ini, Sobat memerlukan kala tempuh lumayan lama merupakan lebih kurang 5 jam perjalanan bersama jarak tempuh lebih kurang sejauh 96 Kilo Meter dari pusat kota Garut. Bersama kontur jalanan yg pass berbatu pun dapat menambah sensasi Sobat dalam melaksanakan perjalanan ke sini. 

Di sini, Sobat dapat menyaksikan kealamian dari alam Leuweung Sancang. Ini karena lingkungan serta kebersihannya terjaga. Di hutan ini tak terdapat pencemaran air, tanah, hawa, maupun sampah. serta konsisten menikmati perjalanan dengan hawa yang sejuk serta alami. Hutan ini mempunyai sekian banyak fauna & flora yang sangat khas. 

Sekian Banyak Fauna antara lain : Banteng (bos javanicus), Burung Merak(Papo Muticus), & Mencek(Muntiacus Munttjak). & Flora antara lain : Palahrar (Diptek Ocarpuspee dir), Kaboa(Dipterocarpus Gracilis), Werejit(Excoecaria Agallocha).  Seperti kawasan konservasi kepada kebanyakan, tak ada media pariwisata di hutan ini, baik itu berupa akomodasi maupun hunian makan. Namun seandainya Sobat mau bermalam di daerah ini, Sobat mampu memanfaatkan media akomodasi terdekat yg berlokasi di kec. Pameungpeuk. & jarak tempuhnya mencapai 13 Kilo Meter dari Kecamatan Cibalong. 

Sekian Terimakasih!

Belum ada Komentar untuk "Objek Wisata Mistis Leuweung Sancang Garut"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel