Kawah Talaga Bodas Garut Yang Memikat Pengunjung

Kawah Talaga Bodas Garut Yang Memikat Pengunjung

Kawah Talaga Bodas Garut


Garut Jawa Barat Talaga bodas menurut bahasa indonesia yaitu telaga/danau putih. Hal ini dikarenakan lokasinya berupa danau kecil di bekas kawah dengan air belerang berwarna putih, yang masih terdapat aktivitas vulkanik berupa air panas dan belerang. Selain mengalir ke kawah, air ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air panas dan pengobatan oleh masyarakat sekitar Garut dan Tasik. Jika pagi hari, Pemandangan akan semakin idah karena kabut menutupi Talaga dan udara dingin makin melengkapi panomara Talaga.

Objek wisata kawah Talaga Bodas merupakan salah satu objek wisata pegunungan serta salah satu keindahan alam yang dimiliki kabupaten Garut. Objek wisata ini merupakan sebuah danau kecil atau talaga yang terbentuk di bekas kawah gunung Talaga Bodas. Kawahnya sendiri masih mempunyai aktivitas vulkanik, namun sudah tidak berbahaya dan aman dikunjungi. Kawah talaga bodas merupakan kawah gunung Talaga Bodas yang membentuk sebuah Talaga (danau) bersulfur jenuh berwarna putih. Kawasan Taman wisata alam Talaga Bodas dikelola oleh BKSDA Jawa Barat.

Gunung Talaga bodas merupakan salah satu dari lima gunung yang menjadi simbol lambang kabupaten Garut. Gunung talaga bodas mempunyai ketinggian 2201 M DPL Sedangkan Kawah talaga bodas berada di ketinggian 1512 M DPL. Puncak Gunung Talaga bodas adalah perbatasan kabupaten Tasikmalaya dan kabupaten Garut. 

Rekan-rekan bisa menemukan suasana yang segar dan pemandangan yang menyegarkan mata di sekitar kawah talaga bodas Garut, dikarnakan kawasan ini masih hijau dan rimbun serta berbatasan langsung dengan hutan. Taman Wisata Alam Kawah talaga Bodas seluas 27,88 Ha dan Cagar Alam Gunung Talaga bodas terletak di kecamatan Pangatikan  kecamatan Wanaraja seluas 258,05 Ha yang Berjarak kurang lebih 28 km dari Garut kota, berada di kecamatan Pangatikan.  

Lokasi Kawah Talaga Bodas

Lokasi kawah Talaga Bodas berada di Desa Sukamenak, wanaraja, Garut. yang wilayah ini dalam pengelolaan BKSDA Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi bisa menggunakan jalur Bandung – Garut – Wanaraja maupun Bandung – Limbangan – Cibatu – Wanaraja.


Perjalanan menuju Talaga Bodas dimulai dari Terminal Guntur. Sejauh 20km dari Terminal Guntur menuju ke Talaga Bodas menggunakan angkutan kota ke Wanaraja. Belum ada penanda khusus ke lokasi ini. Penandanya pertigaan setelah alun-alun wanaraja ambil belokan ke kanan (jika dari arah Garut) atau pertigaan sebelum alun-alun wanaraja ambil belokan ke ke kiri (jika dari arah Cibatu). Transportasi umum menuju lokasi dengan angkot Garut – wanaraja dari terminal guntur Garut dan disambung dengan ojek untuk sampai ke lokasi. Saat mendekati lokasi ada pertigaan dengan beberapa warung disekitarnya, ke kanan menuju ke lokas, dan jalan lurus menuju ke arah Tasikmalaya.

Tempat Yang Bisa Dikunjungi

Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi di kawasan taman wisata alam talaga bodas. Yang utama tentunya area kawah. Sekarang, di area kawah tidak ada warung seperti dulu sehingga anda harus membawa makanan/minuman sendiri kesini.

Tempat lain yang bisa dikunjungi adalah kolam rendam air panas. Lokasinya berada di area kanan kawah.
Kolamnya terbuka, langsung ada di pinggir kawah. Untuk menuju lokasi ini, kita cukup berjalan menyusuri rute ke arah kanan kawah. Bakal ada banyak ojek yang menawari anda. Tapi kalau menurut saya cukup berjalan aja, dekat kok cuma 200 meteran. Selain itu jalannya datar sehingga ngga capek.
Selain kolam rendam air panas ini, terdapat juga Pancuran 7; kolam rendam air panas yang juga dipercaya warga sekitar bisa membawa berkah. Untuk menuju kesini, anda harus menggunakan jalan ke sebelah kiri dari area parkir, kurang lebih 1 KM.

Harga Tiket Masuk 

Harga tiket masuk (dapat berubah sewaktu-waktu) kawah talaga bodas garut berdasarkan info sebagai berikut;
  1. Wisatawan lokal Rp 5000 (hari biasa), dan Rp 7500 (hari libur)
  2. Wisatawan luar Rp 100.000 (hari biasa), dan Rp 150.000 (hari libur)
  3. Sepeda Rp 2000 (hari biasa), dan Rp 3000 (hari libur)
  4. Roda 2 atau motor Rp 5000 (hari biasa), dan Rp 7500 (hari libur)
  5. Roda 4 Rp 10.000 (hari biasa), dan Rp 15.000 (hari libur)
  6. Roda 6 Rp 50.000 (hari biasa), dan Rp 75.000 (hari libur)
  7. Rombongan pelajar/mahasiswa Rp 4000 per orang (hari biasa), dan Rp 4500 per orang (hari libur)
  8. Foto komersial atau pre wedding Rp 250.000,-

Akomodasi

Terdapat banyak warung di sekitar area parkir kawah,toilet, tempat menginap, sejauh ini tidak ada penginapan di area ini. Tapi sepertinya bisa untuk camping.

Talaga bodas mempunyai suasana yang sama dengan kawah putih Bandung yang tentunya alami dan lebih hijau. Objek wisata garut ini cukup menarik untuk rekan-rekan kunjungi. Selamat berlibur.

Jangan lewatkan juga artikel  selanjutnya  Wisata Arung Jeram Sungai Cimanuk Garut.

Terima kasih, semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Kawah Talaga Bodas Garut Yang Memikat Pengunjung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel