Cari tempat wisata yang mengexplore keindahan alam Indonesia dan diseluruh dunia

Curug Citiis Garut Seperti Oase Ditengah Padang Pasir

Wisata Curug Citiis, Garut Sebagai Oase Ditengah Padang Pasir

Wisata Curug Citiis, Garut Sebagai Oase Ditengah Padang Pasir, curug citiis tasikmalaya,  curug citiis tasik, kampung citiis, citiis galunggung, wisata air terjun garut, curug citiis galunggung


Wisata Garut Jawa Barat │ Kota Garut, banyak wisata dan pemandangan Alam yang sangat indah didalamnya. Admin akan berbagi informasi kepada sobat semua tentang obyek wisata alam Curug Citiis di Garut. Nama Citiis sendiri di ambil dari  kata citiis yang bermakna air dingin karena konon menurut warga tempat air di Curug ini paling dingin di daerah Garut. Lokasi Wisata Curug Citiis, Terletak di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat.

Curug Citiis berada pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut (dpl) persis di tengah-tengah kawasan Gunung Guntur yang gersang dan kawasan Gunung Gede di sebelah utaranya yang masih berupa hutan lebat. Seolah-olah curug ini menjadi batas kedua wilayah yang keadaannya sangat kontras. Sumber air curug ini berasal dari Gunung Guntur yang mempunyai dua buah mata air, yaitu mata air panas yang mengalir ke daerah Cipanas, dan mata air dingin yang mengalir ke aliran Curug Citiis.

Wisata Curug Citiis banyak dikunjungi wisatawan, terutama kaum muda, yang datang dari berbagai tempat. Daerah di mana curug ini berada juga menjadi salah situ rute pendakian bagi mereka yang ingin menaklukkan puncak Gunung Guntur dari arah Kampung Pasawahan. Curug Citiis berada di kaki gunung Guntur Kabupaten Garut Jawa Barat. Curug Citiis adalah salah satu tempat wisata yang menarik di Garut. Curug Citiis bisa ditempuh dalam waktu yang tidak lerlalu lama, akses jalan menuju ke curug Citiis bisa menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat. Kendaraan hanya sampai di lokasi penambangan pasir, selebihnya harus berjalan kaki.

Hari-hari libur tidak sedikit pengunjung yang datang ke curug Citiis, wisatawan lokal Garut atau dari luar kota sering berkunjung ke tempat ini. Ketinggian curug Citiis mencapai 10 meter, airnya jernih mengalir deras sepanjang waktu, baik di musim hujan maupun musim kemarau. Pengunjung yang datang ke tempat ini akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan cuaca pegunungan yang sejuk.

Di bawah curug Citiis terdapat kubangan air yang bisa digunakan untuk berendam atau bermain air. Curug Citiis cocok untuk liburan bersama sahabat, keluarga tercinta atau orang-orang terdekat. Berwisata di alam bebas dapat merefresh pikiran kita dari kejenuhan menjalani aktifitas sehari-hari. Terlebih bagi anda yang memiliki kesibukan lebih karena harus bekerja siang malam.

Wisata Curug Citiis menjadi pilihan yang tepat untuk berwisata di Garut, jarak yang cukup dekat dari pusat kota Garut tidak membutuhkan biaya banyak. Dengan biaya yang sangat hemat, anda bisa menikmati keindahan alam. Sebelum sampai di curug Citiis anda harus jalan kaki, ini sangat baik untuk kesehatan terutama kesehatan paru-paru dan jantung.

Suara gemuruh air seolah menjadi terapi alami yang mampu mengobati kejenuhan akibat bising mesin dan kendaraan. Udara sejuk kaya dengan oksigen sangat jauh dari polusi. Cirug Citiis di kaki gunung Guntur Garut merupakan tempat wisata sehat dan wisata hemat. Kalau ingin mencobanya, silahkan masuk dari kampung Tanjung kecamatan Tarogong. Kalau anda mau mendaki gunung Guntur, anda pasti melewati curug Citiis ini.

Yang sudah pernah mendaki Gunung Guntur hampir bisa dipastikan pernah mengunjungi Curug Citiis. Pendaki Gunung Guntur juga bakal mengerti kenapa Curug Citiis ini, secara harfiah, memang oase di tengah padang pasir.

Itu karena untuk mencapai Curug Citiis, Travelmate harus melewati sebuah kompleks tambang pasir super besar, dan setelah curug, yang ada juga hanya tanjakan pasir yang kering kerontang. Praktis hanya dari oase Citiis inilah para pendaki bisa mengisi kantong-kantong air mereka. Jadi kalau mandi disini, diharapkan jangan pakai sesuatu yang bisa mencemari airnya ya.

Citiis, yang secara harfiah berarti air dingin, memang terasa sangat dingin, mengingat teriknya matahari yang biasa membakar tambang pasir Gunung Guntur tanpa ada sedikitpun teduhan. Namun demikian, di kawasan Curug, pepohonan masih banyak berdiri, sehingga kawasan curug ini menjadi sangat teduh dan nyaman untuk beristirahat, terutama untuk para pendaki.

Legenda Curug Citiis, Konon curug ini merupakan tempat bertemunya para raja dari seluruh pulau Jawa. Nama Curug Citiis ini sendiri berasal dari kata citiis yang berarti air dingin karena menurut penduduk sekitar suhu air dari 

Aksesbilitas ke Curug Citiis


Berjarak sekitar 10 km dari ibukota kecamatan Tarogong atau sekitar 15 km dari pusat kota Garut. Untuk menuju ke curug ini arahkan kendaraan hingga ke Kampung Citiis yang terlatak di kaki Gunung Guntur. 

Bagi yang menggunakan kendaraan umum dapat naik ojek dari Cipanas atau naik angkot dari Terminal Garut   Turun di gerbang Kampung  Citiis.  Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki atau naik ojek menuju Kampung Citiis.   Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15 menit dengan menggunakan ojek. Tarifnya sekitar 10rb-an. Setiba di kampung ini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi curug melewati jalan setapak sejauh kurang lebih 4 km.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas dan Akomodasi dikawasan curug ini hanya terdapat tiga buah shelter dalam kondisi cukup baik namun terdapat sedikit vandalisme di shelter, sebuah kios dalam kondisi yang cukup dan hanya buka pada hari Minggu.  Fasilitas dan akomodasi lain tidak dimiliki.  

Membahas tempat-tempat wisata di Garut mungkin tidak akan ada habisnya, Sobat harus langsung membuktikan keindahan alamnya. semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan juga artikel  selanjutnya Info Wisata Kawah Talaga Bodas Garut Yang Memikat Pengunjung.

Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Curug Citiis Garut Seperti Oase Ditengah Padang Pasir

0 komentar: